Cursor

Selayang Pandang

 POTENSI DESA WISATA


 Gunakan layanan Online dengan Linktr.ee/desasooko

WISATA RELEGI DENGAN MINIATUR KA’BAH BUKIT MARINDA



Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu desa yang memiliki Potensi Wisata., Berbagai Potensi Wisata yang ada memiliki view yang luar biasa diantaranya yang sangat menonjol dan letaknya yang strategis yakni di tepi Jalan Raya Sooko - Pulung RT02 RW01 Dusun Sooko, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur terdapat wisata religi yaitu replika ka’bah diarea komplek Masjid Baitus Salam dengan nama Bukit Marinda.

    Tempat wisata tersebut baru diresmikan Agustus 2022 yang lalu. Ukuran replika ka’bah ini cukup besar mencapai hingga 2.800 meter persegi. Pada Bukit Marinda ini juga dilengkapi dengan replika Maqom Ibrahim, Hijir Ismail, Tugu Jabal Rahmah, tempat lempar jumroh (ula, wustho, aqobah), bukit sofa, dan marwah yang menyerupai bentuk aslinya di tanah suci.

    Dengan miniaturnya yang sedemikian rupa sehingga terkesan menyerupai di Tanah Suci tentu menjadikan daya tarik tersendiri. Selain sebagai wisata relegi pendirian tempat ini ditujukan sebagai saranja dan media pengenalan dan pembelajaran manasik jamaah haji atau umroh. Pengenalan dan pembelajaran manasik mulai siswa PAUD, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), SLTP. SLTA, bahkan sampai kelompok pengajian [kelompok kegiatan islam lainnya].

    Di tempat tersebut juga dilengkapi fasilitas untuk istirahat bagi pengunjung yang mengalami kecapekan yakni berupa gasebo dan 1 (satu) buah pendopo yang bisa digunakan sebagai pusat pengendali acara.  

    Bukit Marinda hingga saat ini masih terus dalam proses pengembangan, dimana akan ditanamkan tanaman kurma agar semakin menyerupai tanah suci. 


 Klik icon disamping untuk melihat lokasinya





WISATA GOA CENDONO MULYO



Tak kalah menariknya lokasi satu ini menampilkan sejumlah view yang luar biasa yang tentu akan memanjakan pandangan anda. wao... perlu dicobakan kan asyiknya mengunjungi tempat yang satu ini. Tempat yang menjadi sensasi wisata Desa Sooko tersebut adalah sebuah Goa yang diberi nama Goa Cendono Mulyo.

Goa Cendono Mulyo tersebut terletak di RT01 RW04 Dukuh Sooko Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo, sekitar 2 km dari Pusat Pemerintah Desa Sooko.dengan ketinggian sekitar 450m diatas permukaan air laut membuat suasana yang asri.

Kalau dilihat dari atas Goa ini Desa Sooko tidak hanya diisi oleh lahan pertanian, namun terpapar beberapa bukit, hutan rakyat, dan berbagai view menarik lainnya.

Kondisi dalam goa dingin dan tidak pengap. Goa Cendono Mulyo terbentuk secara alami dari masa penjajahan Belanda, yang kemudian dikembangkan oleh desa menjadi tempat wisata. Akses jalannya memiliki keunikan tersendiri yakni tangga melingkar yang sudah dirabat. Bagi pengunjung yang mengalami kecapekan jangan kawatir di tempat ini telah disediakan tempat untuk beristirahat berupa dua buah gasebo. Sepanjang jalan menuju goa akan terlihat pesona keindahan alami Desa Sooko dan Desa sekitarnya.

Tempat ini juga sering digunakan untuk kegiatan pramuka bagi pelajar dan pernah juga sebagai tempat kegiatan karang taruna. Pada masa pandemik Covid-19 kemarin tempat ini juga salah satu tempat yang digunakan untuk Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.


 Klik icon disamping untuk melihat lokasinya

[KKN IPB @ 2023]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan Komentar, Kritik dan saran di kolom bawah ini
bisa juga
=> Kirim ke email pemdessooko@gmail.com
=> Tulis dan masukan ke kotak saran yang tersedia
=> Sampaikan pada Perangkat Desa
=> Sampaikan ke Sekretariat Kantor Desa
Ikuti juga info di Wa maupun Facebook